Minggu, 21 Februari 2010

Default Rail Gun, Meriam High Tech Teknologi Terbaru

0 komentar


Apa itu Rail Gun?

Railgun adalah senjata yang memanfaatkan prinsip yang mengakselerasikan sasaran secara elektronik dengan interval 2 buah rel logam. Senjata ini mengubah Energi Listrik menjadi tekanan magnetis, dan melontarkan muatan terarah ke sasaran dengan tingkat kecepatan mendekati kecepatan suara. Tembakan dari senjata ini,memiliki kekuatan yang sanggup menembus berlembar-lembar lempeng baja nikel chrome molybdenum setebal 5 cm (bila tidak memiliki masalah pada kepadatan badan peluru).

Contoh yang belum pernah melihat rail gun secara langsung ialah nonton film transformers 2, disana ada scene kapal destroyer yang menembak decepticron yang diatas piramid pake rail gun

Dengan kecepatan peluru yang sangat fantastis, puluhan kali lebih cepat dibanding peluru konvensional, Yang istimewa dengan teknik ini adalah percepatan yang didapat dari sebuah proyektil yang digerakkan dengan gaya ini bisa puluhan kali lebih cepat dari peluru biasa.

Bayangkan saja, peluru penembak sniper saja (kaliber 12.7 milimeter) paling-paling 850m/detik sudah bisa merontokkan kendaraan lapis baja ringan dan membunuh awaknya.

Ini kecepatannya hingga 20.000 meter/detik. Kalau dijadikan kecepatan suara (343 m/detik), kira-kira 58 kali kecepatan suara...!!!

Spoiler untuk cara kerja rail gun:


Pesawat terunggul Amerika saja misalnya F15 eagle paling-paling hanya 2 Mach, atau 2 kali kecepatan suara...!!

Dengan mudah pesawat ini bisa ditembak jatuh dengan sebutir peluru ber kecepatan 58 mach..!!!

kecepatan maks teoritis proyektil railgun memang 20 km/s. Tapi konsekuensinya proyektil atau rail-nya bisa meleleh/rusak. Tidak seperti pada Coilgun yang proyektilnya contactless dengan larasnya. So sepertinya masih perlu penelitian lebih lanjut lagi soal materialnya.

Logikanya dengan energi kinetik dan momentum yang dihasilkan saat impact (kena sasaran) begitu besar (speed saat ini masih dikisaran 7 kali kecepatan suara), kapal sekelas battleship-pun bisa jadi empuk kayak bakpao...

Soal senjata ini mau dijadikan arhanud, masih harus didukung sistem lainnya yang handal (misal radar, sistem targetingnya dll). Apalagi sasaran di udara jauh lebih cepat, biasanya lebih kecil dibanding di permukaan laut. Bisa jadi peluru kendali (SAM) lebih efektif dan ekonomis

Spoiler untuk Prototipe rail gun by Powerlabs:
This image has been resized. Click this bar to view the full image. The original image is sized 860x522.
__________________ By :IDWS

0 komentar:

Posting Komentar