Jumat, 30 April 2010

0 komentar

Default Ditemukan Aliran Listrik Tanpa Kabel atau Nirkabel ato Wireless

Perusahaan Sony mengembangkan prototip penyedia listrik untuk menghidupkan TV tanpa menggunakan kabel atau wireless. Dalam ujicoba, perusahaan itu berhasil mengirim sumber listrik 100 volt untuk menghidupkan TV LCD 22 inci tanpa kabel listrik.


Dalam percobaan, Sony bisa mengantarkan listrik dalam jarak 50 cm. Sistem itu bekerja melalui resonansi magnetik.

Listrik mengaliri koil kabel berdiameter 40 cm yang disebut koil utama untuk menghasilkan medan magnet. Saat koil kedua didekatkan, induksi terjadi sehingga listrik berpindah.

Namun perangkat itu frekuensi resonansinya harus disamakan. Hal itu juga untuk menghidari agar koil tidak perlu harus sejajar, selain mencegah agar medan magnet tidak menyebabkan panas.

Namun masalah masih ada menyangkut efiensi dan jarak yang bisa dilayani. Prototip Sony memiliki efisiensi 80%, yang berarti seperenam tenaga menjadi terbuang.

Selain itu power juga berkurang dari aslinya 80 watt tinggal 60 watt jika dilewatkan dalam sistem itu.

Untuk memperpanjang jarak, perusahaan itu akan mengembangkan relay pasif. Relay itu ditempatkan di antara koil utama dan kedua sehingga jaraknya menjadi 80 cm.

Sony tidak mengungkapkan kapan teknologi itu bisa mencapai fase komersial.

By : IDWS
0 komentar

Post Menara Kuala Lumpur Ternyata Rancangan Putra Indonesia

Malaysia dengan Menara Kuala Lumpurnya, yang merupakan salah satu dari empat menara tertinggi di dunia. Menghabiskan dana tak kurang Rp. 267,5 miliar, menara itu anti gempa dan anti topan. Tahukah agan2 kalau perancangnya adalah Putra Indonesia ?


Selain memiliki perdana menteri yang dikenal vokal dan berani mengecam berbagai kebijakan Barat yang sering dia anggap merugikan negaranya, Malaysia juga sangat peduli dengan pengembangan berbagai objek wisatanya. Salah satunya dengan membangun sebuah menara menusuk langit, yang ingin diusung sebagai unsur kebanggaan nasional Malaysia. Namanya Menara Kuala Lumpur (KL), yang terletak di ibu kota negeri jiran itu.


Menara KL yang puncaknya menyentuh angkasa 421 m itu dibangun sejak 1994 dan diresmikan penggunaannya oleh PM Dr. Mahathir Mohamad pada September 1996. Ia merupakan menara keempat tertinggi di dunia setelah Menara CN (kanada, 553 m), menara Ostankino (Rusia, 537 m), dan Menara Shanghai (Cina, 460 m). Bandingkan dengan ketinggian Monas, kebanggan masyarakat Indonesia yang menjulur 132 m ke udara.


Namun kita pun boleh mendompleng kebanggan Malaysia karena bagaimanapun desain rancangan menara itu lahir dari tangan Ir. Achmad Moerdijat, putra Indonesia lulusan Insitut Teknologi Bandung, kendati sudah sejak lama ia bermukin di negeri itu.


Selain ketinggiannya, Menara KL memiliki sejumlah keunikan. Yang patut disebut umpamanya, konstruksi bangunannya dirancang begitu rupa sehingga andai kata digoyang gempa bumi atau angin ribut, menara jangkung ini seolah bagaikan pohon yang lentur mengikuti arah tiupan angin atau goyangan gempa sampai sejauh 1,5 m di bagian puncaknya. Hebatnya lagi, jika gejala alam itu terjadi, konon mereka yang sedang berada di dalamnya tidak akan merasakan gerakan apa-apa sejak menara itu condong hingga kembali ke posisi semula.


Mungkin karena itulah fondasi Menara KL ini dibuat sampai kedalaman 117 m yang membutuhkan semen sekitar 7.100 m3 dan waktu dua minggu terus-menerus hanya untuk menuangkannya. Pembangunan menara yang mengisap dana tak kurang dari RM 250 juta (± Rp. 267,5 miliar) itu digarap oleh kontraktor asal Jerman yang sudah berpengalaman dan terkenal dengan karya-karya raksasanya sejak 1875. Berbobot mati 100.000 ton, Menara KL konon merupakan adikarya ke-11 perusahaan kontraktor tersebut.

Dengan luas lantai 7.700 m2, pada dasarnya menara itu terdiri atas tiga bagian utama, yaitu fondasi, badan, dan kepala menara serta terbagi dalam tujuh tingkat dengan fungsi yang berlainan. Pintu utama menara terbuat dari batu marmer yang dipesan khusus sehingga mirip dengan pemandangan luar Taj Mahal di India. Pada beberapa tempat di sekelilingnya dipasang kaca berkimia untuk mencegah masuknya polusi udara ke dalam menara. Mungkin juga termasuk jerebu alias asap yang mungkin datang lagi akibat kebakaran hutan di Indonesia.

Desain puncak menara yang berbentuk nenas itu diilhami oleh nama kawasan Bukit Nenas, tempat menara didirikan. Bagian luar dan dalam puncak menara diberi sentuhan ukiran bercirikan islami yang dibuat oleh para seniman dari Timur Tengah. Ada 12 buah lampu yang mengelilingi menara, masing-masing berharga RM 1.500. Semuanya menyala selama 24 jam dan menyuguhkan keindangan tersendiri di malam hari.

Spoiler untuk source:
http://timetotalks.blogspot.com/2010/04/menara-kuala-lumpur-ternyata-rancangan.html

By :IDWS

Sabtu, 24 April 2010

0 komentar
Robot Imut ROPID Mampu Lakukan Lompatan Saat Girang



Robot humanoid memang sudah banyak dikembangkan saat ini. Berbagai negara ikut berlomba-lomba menghadirkan robot buatannya. Ada yang terkesan lucu, ada juga yang terkesan tangguh.

Kali ini mari kita melirik pada robot imut yang satu ini. Robot ROPID ini memang berukuran mungil dan sangat menggemaskan, selain dapat menari dengan gerakan yang pelan, robot ini juga kabarnya mampu melompat.

Robot besutan Tomotaka Takahashi yang berada di balik Panasonic Evolta bots, tidak hanya robot plastik biasa. Robot ini juga mampu berputar-putar ketika melakukan lompatan, mampu berlari dan melompati benda-benda. Saat ini masih terus dikembangkan teknologi yang dapat mendukung konsep balansitas dari robot ini sehingga tetap berdiri tegak, namun ROPID memang patut diacungkan jempol karena cepat berkembang dan terlihat hidup.

Tentu saja ini didukung oleh pembiayaan yang tidak sedikit ketika dilakukan eksperimennya. Selain itu kabarnya saat ini ROPID mampu merespon berbagai perintah melalui suara dengan baik. Takahashi sendiri telah mendesain robot ini sendiri.

Anda tertarik untuk melihat aksi dari robot ini? Silahkan lihat video berikut ini :
Spoiler untuk video dr yutup..:

[youtube]

[/youtube]
[youtube]

[/youtube]


Code:
sumber:http://www.beritateknologi.com/robot-imut-ropid-mampu-lakukan-lompatan-saat-girang/
Nov 01, 2009

Jumat, 23 April 2010

WORO - WORO !! :D

0 komentar
TWENTY CONTEST ROBOSOCCER”

For SMP/Mts Se-Surabaya dan Sekitarnya.






Ekstrakulikuler Robotika

20_roBohoLic”

SMAN 20 SURABAYA

2010

Senin, 05 April 2010

0 komentar

Sejarah Robot Dunia

Perkembangan robotika pada awalnya bukan dari disiplin elektronika melainkan bersal dari ilmuwan biologi dan pengarang cerita novel maipun pertunjukan drama pada sekitar abad XVIII. Para ilmuwan biologi pada saat itu ingin menciptakan makhluk yang mempunyai karakteristik seperti yang mereka inginkan dan menuruti segala apa apa yang mereka perintahkan, dan sampai sekarang makhluk yang mereka ciptakn ter5sebut tidak p[ernah terwujud menjadi nyata, tapi matrak menjadi bahan pada novel-novel maipun naskah sandiwara pangung maupun film.



Baru sekitar abad XIX robot mulai dikembangkan oleh insinyur teknik, pada saat itu berbekal keahlian mekanika untuk membuat jam mekanik mereka membuat boneka tiruan manusia yang bisa bergerak pada bagian tubuhnya.
Pada tahun 1920 robot mulai berkembnag dari disilin ilmu elektronika, lebih spesifiknyas pada cabang kajian disiplin ilmu elektronika yaitu teknik kontrol otomatis, tetapi pada masa-masa itu komputer yang merupakan komponoen utama pada sebuah robot yang digunakan untuk pengolaan dat masukan dari sensor dan kendali aktuator belum memiliki kemmpuan komutasi yang cepat selain ukuran fisik komputer pada masa itru masih cukup besar.

Robot-robot cerdas mulai berkembang peats seiring berkembagnya komputer pada sekitar tahun1950-an. Dengan semakin cepatya kemampuan komputasi komputer dan semakin kecilnya ukuran fisiknya,maka robot-robot yang dbuat semakin memiliki kecerdasan yang cukup baik untuk melakukan pekerjan-pekerjan yang biasa dilakukan olaeh manusia. Pada awal diciptakaanya, komputer sebagai alat hitung saja, perkembangan algoritma pemrograman menjadikan komputer sebagai instrumentasi yang memiliki kemammpauankemampuan seperti otak manusia. Artificial intelegent atau kecerdasan buatan adalah algoritma pemrograman yang membuat komputer memiliki kecerdasan seperti manusia yang mampu menalar, mengambil kesimpilan dan keputusan berdasarkan pengalaman yang dimiliki.